Permainan Rumah Yang Mengasyikkan Untuk Si Kecil Agar Tidak Bosan Selama Dirumah Aja!

sumber foto : ibudanbalita.com

Selama masa pandemi yang kurang lebih 9 bulan ini membuat seluruh masyarakat di Indonesia menghabiskan banyak kegiatan dirumah saja, untuk menghindari tertularnya virus corona. Mulai dari pelajar, pekerja, dan seluruh kalangan melakukan aktifitas yang biasa dilakukan diluar rumah, harus dibatasi terlebih dahulu. Hal ini, menyebabkan rasa bosan bagi seluruh kalangan, termasuk si kecil yang biasa bermain diluar dan bercengkrama dengan teman seusianya, terpaksa harus dihentikan sementara, untuk kebaikan kesehatannya pula. Maka dari itu, para ibu yang merupakan bagian terpenting bagi si kecil harus berperan aktif untuk menemani si kecil bermain agar si kecil tidak merasa jenuh serta psikologisnya terjaga selama di rumah aja.

Memang tidak mudah untuk mencari cara agar anak tidak bosan selama dirumah aja, apalagi jika si kecil terbiasa bermain diluar Bersama teman sebayanya. Untuk menyiasatinya, pilihlah permainan yang melibatkan si kecil dalam memahami, mengobservasi, serta mendengarkan sehingga si kecil menambah pemahaman tentang apa yang ada di lingkungan sekitar melalui permainan tersebut. Selain itu manfaat lain dari bermain Bersama si kecil ialah menambah dan meningkatkan ikatan kasih sayang  dengan si kecil.

Permainan Seru Untuk Si Kecil Saat Dirumah Aja

Adapun beberapa jenis permainan yang seru untuk dilakukan bersama si kecil seperti dibawah ini :

  1. Mencari Harta Karun

Meskipun permainan ini dikenal sebagai permainan paling menyibukkan anak, namun manfaat dari salah satu permainan ini akan melatih si kecil kemampuan problem solving dan juga observasi si kecil, sisipkan hadiah untuk sikecil pada permainan ini, hal tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada anak karena menyelesaikan permainan harta karun dengan baik.

  1. Bermain Puzzle

Salah satu permainan yang cukup tenang dan tidak menimbulkan keberisikan yaitu bermain puzzle, karena permainan ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk merangkai potongan gambar menjadi satu gambar utuh.

  1. Bermain Tebak Kata

Permainan tebak kata ini cocok dilakukan dengan si kecil yang sudah berusia sekolah maupun belajar mengenal kata. Bahannya pun sangat mudah didapat hanya dengan alat tulis dan kertas.

Cara memainkannya:

  • Pada kertas, tuliskan kata yang harus ditebak oleh anak, misalnya nama hewan
  • Orangtua harus memeragakan nama hewan yang ditulis di kertas, sedangkan anak menebaknya
  1. Lempar Koin

Permainan yang seru ini dapat sekaligus melatih koordinasi antara mata dan tangan si kecil. Bahan yang harus Anda siapkan pun sangat mudah ditemukan, yakni uang koin dan gelas.Cara bermainnya:

  • Letakkan gelas di atas bangku, meja, atau permukaan datar lainnya
  • Berikan 5 koin pada anak
  • Minta anak untuk mundur beberapa langkah. Semakin besar usia anak, jaraknya dengan gelas bisa semakin jauh
  • Minta anak untuk melempar koin ke gelas

Semakin banyak ia bisa memasukkan koin, semakin besar hadiah yang bisa ia dapatkan. Anda pun bisa menggunakan benda lain untuk dilempar, misalnya kepingan blok mainan anak atau kelereng.

Post Author: Filda Fajriati