Rahasia Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

sumber foto : cnnindonesia.com

Kita semua pasti sudah mengenal salah satu buah tropis ini kan? Yap, betul sekali ini adalah buah manggis, selain buahnya yang manis kulitnya pun dapat kita konsumsi dan juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh serta kecantikkan kulit kita loh. Selain itu, belakangan ini telah marak pengobatan berbasis herbal yang menggunakan ekstrak buah manggis sebagai komposisi utama. Buah dengan nama ilmiah Garcinia mangostana inin diyakini mampu berbagai penyakit, hal ini telah dibuktikan oleh para ahli kesehatan tradisional Asia sejak abad ke 18. Menurut Style Craze, khasiat buah ini berasal dari senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah manggis, yaitu alpha dan gamma. Xanthone ini merupakan obat yang efektif untuk memerangi berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental. Berikut ini merupakan detail manfaat mengonsumsi kulit manggis yang dirangkum dari beberapa sumber.

  1. Sebagai Antioksidan dan Antiinflamasi

Manggis diketahui mengandung beberapa nutrisi dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan folat. Selain itu, kandungan xanthone pada manggis juga dikenal dengan sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan sejumlah penyakit kronis. Xanthone yang ditemukan pada manggis berperan dalam mengurangi peradangan. Xanthone dipercaya dapat menekan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

  1. Dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah

Penelitian menemukan bahwa senyawa Xanthone pada manggis dapat membantu menjaga kadar gula darah. Hal ini salah satunya ditemukan dalam sebuah studi selama 26 minggu pada perempuan dengan kelebihan berat badan. Kulit manggis memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit. Ini membuat manfaat kulit manggis juga sangat aman bagi penderita diabetes. Kandungan serat di dalam kulit manggis bisa membantu menjaga gula darah dalam tingkat normal. Selain itu, juga mampu mengikat gula berlebihan di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Namun, perlu diingat bahwa cara terbaik untuk mengendalikan diabetes adalah menjaga hidup sehat, seperti makan-makanan sehat dan aktivitas fisik yang teratur.

  1. Mencegah dan Mengatasi kanker

Kaya sifat antioksidan pada kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab kanker. Studi Gifu International Institute of Biotechnology di Jepang menyatakan bahwa, zat xanthones pada kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan dan proliferasi sel leukimia dan mencegah proliferasi sel kanker. Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya membuat manggis dipercaya mampu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa xanthone dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di payudara, perut, dan paru-paru.

Mengonsumsi ekstrak kulit manggis dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker. Sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker atau mereka yang sudah memiliki kanker. Namun, bukan berarti ekstrak kulit manggis dapat membunuh sel kanker sepenuhnya. Kulit manggis hanya dijadikan suplemen makanan disamping pengobatan kanker lainnya tetap dijalani.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan beragam mineral di dalam kulit manggis dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan mineral, seperti angan, tembaga, kalium, dan magnesium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh. Mineral-mineral tersebut berperan dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung. Kaya akan serat, kulit manggis memiliki kemampuan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Kondisi inilah yang diduga bisa memberikan tubuh perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan berat badan

Sebuah studi kecil selama delapan minggu menemukan, seseorang yang melengkapi menu diet dengan 90-270 ml jus manggis sebanyak dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Meski penelitian tentang manggis dan obesitas terbatas, tapi para ahli berteori bahwa efek antiinflamasi pada buah berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

  1. Meingkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C pada kulit manggis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh kapan saja saat tubuh bertemu agen infeksi, sehingga seseorang tidak mudah sakit. Kulit manggis juga baik untuk dikonsumsi oleh orang sakit. Karena kulit manggis mampu  mempercepat proses penyembuhan. Kulit manggis juga memiliki sifat anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus yang baik dikonsumsi oleh orang-orang dengan kekebalan rendah, seperti pasien tuberkulosis dan HIV/AIDS.

  1. Memperbaiki sel

Senyawa xanthone yang hadir dalam kulit buah manggis ternyata paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Xanthone ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel tubuh yang rusak serta melindunginya dari kerusakan.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, kulit manggis pun sangat bermanfaat untuk kecantikkan kulit kita, karena beberapa kandungan yang terdapat pada kulit manggis samgat baik unberapa fungsi ini, diantaranya :

  1. Menjaga kulit tetap sehat

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menjadi kontributor utama kanker kulit dan penuaan. Sebuah studi dilakukan pada tikus yang diobati dengan ekstrak manggis. Hasilnya, manggis dapat memberikan perlindungan pada tikus dari radiasi UVB. Sebuah penelitian kecil selama 3 bulan pada manusia juga menemukan, mereka yang diobati dengan 100 mg ekstrak manggis setiap hari memiliki kulit yang lebih elastis.

  1. Mengatasi dan mengobati jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit seperti jerawat, noda gelap di kulit wajah, kulit berminyak, dan kulit kering. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah manggis juga efektif untuk menjadikan kulit lebih segar dan sehat. Kulit manggis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan jerawat yang meradang. Selain itu, kulit manggis mampu mencegah munculnya jerawat baru. Memiliki sifatantimikroba, kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Di samping itu, kulit manggis dipercaya juga mampu menekan produksi radikal bebas yang berkontribusi pada pembentukan jerawat.

  1. Menjadikan kulit awet muda

Penuaan bisa terjadi karena proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk itu dibutuhkan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas tadi. Manggis ternyata mengandung antioksidan seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau) yang tinggi. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, kulit akan jadi lebih awet muda. Jus yang terbuat dari kulit manggis juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih kencang.

Nah banyak sekali manfaat yang didapat jika kita mengonsumsi kulit manggis, tidak hanya bikin tubuh sehat, namun kulit manggis juga sangat baik untuk kecantikkan, akan lebih baik jika mengonsumsi secara rutin buah ini.

Jika anda sedang mengalami masalah pada kekebalan tubuh anda, anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kulit manggis ini, jika mencari yang lebih praktis dan mudah didapat tanpa perlu mengolah terlebih dahulu, cobalah minum Madu Bima 99, yang tidak kalah manfaatnya dan jauh lebih banyak mengobati berbagai macam penyakit karena terbuat dari madu hitam organik.

Post Author: Filda Fajriati