Rekomendasi Makanan Sehat Khusus Penderita Diabetes

sumber foto : hellosehat.com

Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes termasuk kedalam golongan penyakit yang berbahaya. Diabetes juga dapat berlangsung dalam jangka panjang, penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga diatas nilai normal. Diabetes memiliki 2 jenis yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diagnosis diabetes dapat diketahui ketika dokter telah mendiagnosis dengan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, test darah, dan juga test urine. Selain itu, komplikasi yang dirasakan bagi penderita diabetes baik tipe 1 maupun tipe 2 berupa kerusakan retina mata, kerusakan syaraf, penyakit stroke, jantung coroner, kerusakan ginjal, disfungsi seksual, keguguran, atau bayi yang terlahir mati dari ibu yang mengidap diabetes.

Untuk itu, bagi penderita diabetes ada baiknya melakukan penyembuhan sebelum penyakit diabetes tersebut semakin parah seiring berjalannya waktu jika penderita tidak menjaga pola makanan dengan baik. Ada beberapa makanan yang di rekomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula tidak meningkat, berikut beberapa ulasan rekomendasi makanan yang akan disajikan berdasarkan dari beberapa sumber.

Makanan Yang Dianjurkan

sumber foto : hellosehat.com

Memilih makanan yang akan dikonsumsi oleh penderita diabetes membutuhkan pemeriksaan nutrisi yang penting, karena makanan tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kadar gula. Makanya, penderita diabetes tidak bisa dengan leluasa untuk makan apapun yang menjadi favoritnya. Karena, jika salah asupan akan meningkatkan kadar gula kembali. Nah, jadi penderita diabetes harus tau beberapa makanan yang boleh dikonsumsi yang terdiri dari makanan yang bergizi, rendah lemak dan kalori agar kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik. Berikut beberapa contoh makanan yang dianjurkan.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yang terbuat dari biji – bijian : Nasi merah, ubi panggang, roti, oatmeal, sereal.
  2. Daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit
  3. Sayuran dengan proses direbus, kukus, panggang, ataupun konsumsi mentah. Sayuran yang baik untuk diabetes ialah brokoli dan bayam.
  4. Buah – buahan segar. Jika ingin dibuat jus lebih baik menggunakan madu sebagai pemanis alami.
  5. Kacang kedelai, bisa diolah menjadi tahu dan ditumis maupun soup.
  6. Popcorn tawar
  7. Susu rendah lemak, yoghurt dan telur
  8. Ikan, tuna, salmon, sarden, makarel, hindari makanan yang mengandung kadar merkuri tinggi yaitu ikan tongkol.

Minuman Yang Aman Di Konsumsi

sumber foto : medan.tribunnews.com

Selain makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, adapun beberapa minuman yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan untuk memilih minuman yang mengandung kalori rendah ataupun yang tidak ada kandungan kalori sama sekali bagi penderita Diabetes. Karena, hal tersebut dapat mencegah lonjakan kadar gula rendah setelah mengonsumsinya, berikut beberapa minuman yang telah direkomendasikan yaitu,

  1. Air putih / Air Mineral. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi. Maka, penderita diabetes sebaiknya perlu mengonsumsi air mineral sebanyak 8 – 10 kali setiap hari untuk menjaga cairan dalam tubuh.
  2. Jus buah segar, dengan syarat bahwa penderita harus memperhitungkan jus yang akan dikonsumsi dengan keseluruhan makanan dalam sehari, dan juga jus tersebut tanpa pemanis buatan.
  3. Teh, semua jenis teh boleh dikonsumsi seperti teh hitam, teh hijau, dan juga teh herbal. Asalkan jangan konsumsi teh dalam kemasan, karena sudah mengandung gula.
  4. Kopi, asalkan tidak dicampur dengan gula, susu, dan krim. Karena mempengaruhi kadar gula.
  5. Susu rendah lemak, asalkan jangan dikonsumsi secara berlebihan.

Aturan Konsumsi Makanan Untuk Penderita Diabetes

Kunci sehat dalam mengkonsumsi makanan untuk penderita diabetes adalah mengatur frekuensi makan dan juga dianjurkan makan dalam porsi kecil namun sering dan tidak mengganggu jadwal pengobatan yang telah dijadwalkan oleh dokter. Setiap menu makanan untuk penderita harus mengandung nutrisi yang seimbang yaitu adanya protein, serat, karbohidrat, dan juga vitamin lalu mineral. Batasi asupan makanan yang mengandung garam dan gula berlebih lalu hindari lemak jahat pada makanan serta harus mengukur jumlah porsi makanan dalam sehari. Berikut contoh rancangan makanan yang dikutip dari hellosehat.com untuk menu harian masing – masing jenis diabetes.

  1. Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe 1
  • Sekitar 150 gram nasi merah
  • Telur dadar 1 butir
  • Tumis tauge campur tempe
  • Sayur bening kencur
  1. Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe 2
  • Sekitar 150 gram nasi merah atau 100 gram mie shirataki
  • 1 potong pepes ikan
  • 2 potong tahu/tempe mendoan
  • 1 mangkuk sayur asam
  1. Menu Diet Diabetes 3
  • 150 gram nasi merah
  • Ayam ungkep bumbu kuning bagian dada (1 potong)
  • Pecel sayuran
  • Perkedel tahu

Menu Camilan Untuk Penderita Diabetes

Dikutip pada hellosehat.com, penderita diabetes pun tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi camilan asalkan memilih makanan camilan dengan indeks glikemik kurang dari 50. Lalu, pilihlah camilan yang kaya akan serat seperti buah – buahan, dan sayur – mayur bisa dijadikan soup maupun jus tanpa gula. Sebagai makanan selingan, penderita diabetes pun boleh ngemil ketika diantara waktu sarapan dan makan siang, serta makan siang dan makan malam. Jika ragu, penderita dapat mengkonsultasikan hal tersebut pada Ahli Gizi.

Nah berikut yang dapat kami berikan untuk informasi rekomendasi makanan yang sehat untuk penderita diabetes. Namun, jika anda ingin mengobati diabetes dengan mengguanakan bahan alami dan tanpa obat, Anda bisa rutin meminum madu dari Madu Bima 99.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati