Rosemary Tanaman Rempah Ajaib Yang Bikin Sehat.

sumber foto : hellosehat.com

Rosemary merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah – rempah yang menjadi bahan masakan. Tanaman ini biasa terdapat pada kuliner khas ala laut tengah seperti kuliner Italia, Yunani, Turki, dan Levatania. Bagian yang dapat diolah dari tanaman rossemary ini adalah bagian daunnya. Tanaman yang berasal dari Mediterania ini memiliki ciri berdaun lonjong dan meruncing, lebar daun yang dimiliki rosemary sekitar 1 cm dan panjangnya mencapai 5-8cm. Karena tumbuhan ini relatif tahan kering, tumbuhan ini memiliki khasiat sebagai obat pengusir serangga dan juga hama lainnya. Rosemary pun dapat dijadikan sebagai teh menyehatkan yang membantu menyembuhkan penyakit reumatik dan juga badan yang tidak fit karena efek gejala flu. Mengapa demikian? Karena tanaman ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, dan vitamin B6.

Tentunya, dengan kandungan vitaminnya yang tinggi, maka rosemary pun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati dengan baik. Minyak dari rosemary pun dapat mencegah kerontokan pada rambut dengan menghambat produksi DHT, lalu anda pun dapat menjadikan rosemary ini sebagai aromaterapi untuk menghilangkan penat dan juga mengurangi stress.

Dilansir dari laman alodokter.com, tanaman rosemary pun memiliki manfaat kesehatan lain yang diperlukan tubuh yang diantaranya :

1. Memelihara kesehatan otak

Kandungan zat antiradang dan antioksidan dalam rosemary terlihat dapat mengurangi risiko terjadinya penurunan daya ingat dan gangguan konsentrasi. Tak hanya itu, berbagai studi kesehatan juga menunjukkan bahwa ekstrak rosemary terlihat dapat membantu melancarkan aliran darah pada otak dan memelihara kesehatan sel-sel otak agar tercegah dari demensia dan penyakit Alzheimer.

2. Menyuburkan pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang mengalami kebotakan, senyawa yang terkandung di dalam minyak rosemary dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. Beberapa penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak rosemary dengan cara dioleskan pada kulit kepala 2 kali sehari selama enam bulan terlihat dapat menebalkan dan merangsang pertumbuhan rambut. Efektivitas minyak rosemary bahkan dikatakan hampir serupa dengan obat penumbuh rambut minoxidil.

3. Menurunkan kadar gula dalam darah

Rosemary memiliki kandungan asam karnosik dan asam rosmarinik yang memiliki efek menyerupai hormon insulin. Oleh sebab itu, tanaman herbal ini dianggap baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil. Meski demikian, efektivitas rosemary jika digunakan sebagai obat alternatif untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda memiliki penyakit diabetes atau tengah mengonsumsi obat antidiabetes, sebaiknya penggunaan obat atau suplemen herbal rosemary dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

4. Menjaga kesehatan mata

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak rosemary terlihat dapat memelihara kesehatan mata dan mengurangi risiko terjadinya penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, misalnya degenerasi makula. Selain itu, kandungan antioksidan asam rosmarinik dalam rosemary juga diduga dapat mencegah penyakit katarak dan menghambat perkembangannya agar tidak menjadi katarak yang berat.

5. Memperbaiki suasana hati

Terdapat beberapa studi yang menyatakan bahwa rosemary terlihat dapat memberikan efek relaksasi, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, hingga meredakan stres dan rasa cemas. Manfaat tersebut bisa diperoleh dari penggunaan rosemary sebagai teh herbal atau sebagai aromaterapi.

6. Meringankan nyeri

Minyak esensial rosemary diketahui mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan nyeri. Zat antiradang ini terlihat dapat membantu meringankan nyeri akibat nyeri otot, nyeri sendi, dan kram atau nyeri saat menstruasi.

Namun untuk mengonsumsi tanaman rosemary ini sebagai alternatif konsumsi kesehatan anda harus dikonsultasikan dulu dengan dokter kesehatan anda. Karena, jika anda sembarang mengonsumsi rosemary, anda akan merasakan beberapa efek sampingnya, seperti yang diulas dari laman alodokter.com bahwa tanaman rosemary pun memiliki efek samping tersendiri yang diantaranya :

Gatal-gatal pada kulit.

  • Hidung meler.
  • Gangguan pencernaan.
  • Mata merah.
  • Pembengkakan pada bibir, lidah, atau wajah.
  • Batuk dan sesak napas.

Selain itu, rosemary juga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pembekuan darah dan riwayat kejang.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadikan rosemary sebagai suplemen kesehatan anda? Jika anda kesulitan mencari tanaman rosemary, ataupun masih ragu – ragu untuk mengonsumsinya? Tidak usah khawatir, anda bisa mencari alternatif lain, misalnya dengan meminum bahan herbal lain salah satunya adalah madu hitam dari Madu Bima 99.

Tentang Madu Bima 99

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria (lemah syahwat)
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

Post Author: Filda Fajriati