Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Berbagai macam obat diabetes mellitus semakin banyak dicari. Memang, penderita penyakit ini semakin bertambah setiap harinya. Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab penyakit kencing manis atau diabetes mellitus ini. Selain karena keturunan, pola makan yang tidak sehat juga ikut andil sebagai penyebab kenaikan gula darah sehingga terjadilah kencing manis. Banyak pabrik yang menawarkan berbagai obat untuk mengatasi kencing manis. Sebenarnya, ada beberapa makanan yang secara alami dapat dijadikan sebagai obat penyakit diabetes. “Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus”
Berikut beberapa makanan khususnya sayuran yang bisa dijadikan sebagai obat alami bagi penderita diabetes, diantaranya:

Buncis
Apakah Anda pernah mendengar bahwa buncis dapat dijadikan sebagai obat diabetes mellitus yang cukup efektif? Ya, ternyata sayuran berwarna hijau yang mirip kacang panjang ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat berguna untuk mengatasi penyakit kencing manis. Sayur buncis mengandung zat B-sitosterol dan stigmasterol yang mampu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Seperti diketahui, penyakit diabetes mellitus disebabkan oleh kurangnya zat insulin di dalam tubuh sehingga metabolisme glukosa menjadi terganggu. Akibatnya, kadar gula dalam darah pun meningkat. Dengan mengkonsumsi buncis, kadar insulin dalam tubuh dapat meningkat sehingga metabolisme glukosa menjadi lebih lancar dan kadar gula darah pun ikut menurun. Oleh karenanya, buncis merupakan sayuran yang sangat baik bagi penderita diabetes. “Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus”

Brokoli
Sebenarnya, brokoli bukanlah makanan yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes secara total. Namun, sayuran ini lebih ditujukan untuk mencegah berbagai macam komplikasi yang bisa ditimbulkan akibat diabetes. Kandungan sulforaphane yang terdapat dalam brokoli dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang diakibatkan oleh tingginya gula darah. Selain itu, kandungan kromium yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam melakukan tugasnya untuk memecah glukosa. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan gula darah sehingga mencegah timbulnya penyakit-penyakit lain yang menyertai diabetes. Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli sebagai obat diabetes mellitus, Anda bisa menjadikannya sebagai jus atau memasaknya dengan cara dikukus, ditumis, atau dipanggang dalam microwave. “Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus”

Labu
Sayuran lain yang bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes adalah labu, khususnya labu merah. Labu merah sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena mempunyai indeks glikemik yang sangat rendah. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan meningkatnya gula darah dalam tubuh. Karena itu, labu merah sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Manfaat dari labu merah adalah dapat memperbaiki fungsi pankreas. Pankreas adalah organ yang berfungsi untuk memproduksi insulin. Jika pankreas berperan dengan baik, maka kadar insulin dalam tubuh pun tercukupi sehingga proses metabolisme glukosa menjadi lancar. Dengan demikian, kadar gula darah dalam tubuh pun ikut menurun. “Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus”

Sayuran Untuk Penderita Diabetes Mellitus

Post Author: Bella Nugraha