Tanaman Yang Wajib Ditanam Dalam Ruangan Untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

sumber foto : bibitbunga.com

Bagi sebagian besar orang untuk menanam tanaman biasanya dilakukan dilura rumah, atau pun tanaman tersebut disimpan pada halaman luar rumah. Taukah anda, bahwa tanaman juga bisa ditanam dan tumbuh dalam rumah, dan juga tanaman dalam rumah akan memperbaiki kualitas hidup yang lebih baik. Tanaman yang ditanam dalam ruangan memiliki fungsi yang baik untuk memfilterisasi udara yang kotor masuk kedalam rumah. Selain itu, tanaman dalam rumah akan membuat ruangan lebih cantik dan indah. Selain itu, apa saja manfaat baik tanaman yang ditanam di dalam ruangan? Simak ulasannya berikut ini :

Manfaat Tanaman Dalam Ruangan Untuk Kesehatan Tubuh

Pada umumnya, jenis tanaman yang ditanam dalam ruangan adalah, jenis tanaman hias. Karena, selain untuk menghias ruangan agar terlihat cantik, karena dari segi tampilan, tanaman hias memiliki bentuk yang menarik dan juga mempesona.

1. Membantu Meredakan Stress

Beberapa orang yang memiliki aktifitas yang banyak, dan juga kesibukan dalam meniti kariernya akan lebih mudah terserang stress jika tidak dibarengi dengan istirahat. Tanaman yang ditanam dalam ruangan akan membantu meredakan stress tersebut karena salah satu fungsi tanaman dalam ruangan ialah mengurangi penat. Taanman hias dari jenis apapun akan memperindah ruangan dalam rumah dan juga akan membuat udara dalam rumah lebih segar dan baik untuk otak.

2. Membunuh Bakteri

Selanjutnya manfaat baik dari tanaman hias dalam ruangan adalah dapat membantu menyehatkan penghuninya. Karena udara polusi yang dibawa oleh penghuni rumah tersebut dari luar, akan menimbulkan penyakit karena banyaknya radikal bebas dan juga bakteri yang berterbangan pada udara dalam rumah, sehingga udara dalam rumah menjadi kotor. Maka, dengan adanya tanaman hias dalam ruangan, udara dalam rumah akan menjadi bersi, karena fungsi tanaman hias yang mampu membunuh bakteri, sehingga sangat berguna untuk membersihkan udara yang kotor dan terkena polusi.

3. Menyegarkan Ruangan dan Mengurangi Debu

Manfaat tanaman hias maupun tanaman lainnya adalah sangat berguna untuk membuat udara menjadi lebih segar dan bersih. Karena tumbuhan menghasilkan oksigen dan juga menyerap karbondioksida di sekitar ruangan. Selain itu, tanaman juga mampu mengurangi debu karena kemampuannya dapat mengontrol kelembaban di lingkungan sekitar. Udara yang bersih, segar, dan sehat sangat baik untuk penghuni rumah.

4. Tidak Membuat Tubuh Letih dan Mudah Mengantuk

Tubuh yang gampang mengantuk atau cepat letih bisa jadi tanda tubuh tidak sehat. Kondisi ini bukan hanya karena beban kerja atau pikiran, namun bisa dari lingkungan yang kotor dan tinggi CO2-nya. Dengan meletakkan dan menambahkan tanaman dalam ruangan rumah akan sangat berguna untuk mengubah kondisi udara menjadi lebih sehat. Tubuh pun tak akan mudah letih dan gampang mengantuk lagi.

5. Menyegarkan Mata

Kehadiran tanaman yang memiliki tampilan menarik tentu sangat baik untuk memberikan pandangan yang lebih menyegarkan bagi mata. Selain baik bagi mata Anda juga bisa menikmati keindahan alam melalui tanaman itu.

6. Sebagai Terapi Saraf

Tanaman khususnya tanaman tertentu mengeluarkan aroma bunga yang wangi dan semerbak. Bau harum alami dari tanaman jauh lebih sehat dan bermanfaat untuk kesehatan ketimbang bau dari produk pewangi ruangan. Bahkan ada beberapa jenis tanaman hias yang bau wanginya mampu memberikan efek yang menenangkan. Anda bisa memilih tanaman yang diinginkan sekaligus baik sebagai terapi syaraf.

Tanaman Yang Cocok Untuk Ditanam Dalam Rumah

1. Tanaman Karet Kebo

sumber foto : artikel.rumah123.com

Ciri khas dari tanaman ini adalah permukaan daun yang mengilap, tekstur yang lembut, serta tahan kering. Dikenal dengan banyak nama, mulai dari rubber plant hingga rubber bush, tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai pembersih udara alami.

2. Tanaman Lidah Buaya

sumber foto : idea.grid.id

Tanaman dalam ruangan untuk kesehatan ini berguna sebagai pembersih udara ruangan. Bahkan, menurut sebuah penelitian, 1 tanaman lidah buaya setara dengan 9 pembersih udara biologis. Tanaman yang satu sangat dikenal di dunia perawatan kulit ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat.Tanaman hias ini dapat dengan mudah menyerap formaldehida monoksida, karbon dioksida dan karbon monoksida di dalam ruangan.

3. Tanaman English Ivy

sumber foto : lazada.com.my

Tanaman dalam ruangan untuk kesehatan ini menyaring 90% jamur di udara yang dapat memicu alergi. Selain itu, English ivy membantu penderita asma bernafas lebih baik di malam hari sehingga mereka dapat tidur dengan lebih nyenyak. Jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak – anak dan juga hewan. Karena, tanaman ini mengandung racun, dan berbahaya jika termakan.

4. Tanaman Rosemary

sumber foto : cewekbanget.grid.id

Rosemary memiliki khasiat yang baik dalam meredakan nyeri otot serta meningkatkan sistem kekebalan. Selain itu, Tanaman yang satu ini dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

5. Tanaman Lidah Mertua

sumber foto : 99.co

Tanaman lidah mertua sangat cocok disimpan di kamar tidur karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu memerlukan lebih dari 1 tanaman lidah mertua di kamar tidur.

6. Tanaman Lily Paris

sumber foto : palembang.tribunnews.com

Lili Paris atau chlorophytum merupakan tanaman hias yang dapat berfotosintesis di bawah cahaya yang lemah dan menyerap udara dengan zat berbahaya. Menurut penelitian, satu pot lili Paris dapat menyerap formalin dan stirena serta melepaskan oksigen di kamar seluas 200 kaki persegi.

7. Tanaman Kaktus

sumber foto : klikhijau.com

Tanaman yang sangat mudah dirawat ini ternyata dapat mengurangi efek radiasi pada layar komputer dan alat elektronik di sekitarnya. Ukurannya yang mungil sangat cocok untuk diletakkan di atas meja kerja atau dijadikan sebagai dekorasi untuk hunian kecil di tengah kota.

Post Author: Filda Fajriati