Ternyata, Madu yang Satu ini Berbeda dari yang Lainnya

Ternyata, Madu yang Satu ini

Berbeda dari yang Lainnya

 

Semua orang tentu mengenal madu. Dan tak ada yang menampik bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengapa ia memiliki banyak manfaat? Tentu saja karena kandungannya. Madu mengandung komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin, yang berfungsi melancarkan peredaran dan menurunkan tekanan darah. Madu mengandung gula yang tinggi. Namun, jenis gulanya yang tinggi itu adalah glukosa dan fruktosa 41%, yang mencapai sekitar 70%. Sedangkan sukrosanya hanya 1,9%. Berbeda dengan gula pasir, yang sukrosanya sangat tinggi. Karena sukrosanya rendah, madu mudah diserap tubuh sehingga tak menumpuk dulu sebelum diserap. Itulah sebabnya madu tak meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, madu juga mengandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2, juga mineral kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, dan iodium. Bahkan, di dalam madu juga terdapat zat antibiotik dan asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat.

Kualitas madu ditentukan oleh asal tanaman tempat lebahnya bersarang. Jenis nektar bunga yang diisapnyalah yang menentukan kualitas. Karena itu, ada madu yang disebut madu klengkeng, madu kapuk, madu rambutan, madu kopi, dan sebagainya. Konon, madu yang paling manis berasal dari nektar bunga rambutan.

Namun, kali ini yang kami tawarkan bukanlah madu manis, melainkan jenis yang lain: madu pahit. Madu pahit? Ya! Namanya Madu Bima 99. Rasanya pahit karena diproduksi lebah khusus spesies Apis mellifera. Lebah ini mengonsumsi nektar kuncup pohon-pohon yang berasa pahit, seperti pelawan, singkong karet, paitan, kaliandra,  dan mahoni. Dengan demikian, tentu tak sulit untuk mengatakan madu ini lebih unggul daripada madu manis. Menurut literatur, manfaatnya antara lain: mengatasi (1) diabetes, (2) gangguan fungsi seksual pria, (3) gangguan asam lambung (maag), (4) radang tenggorokan, sariawan, dan panas dalam, (5) batuk, pilek, asma, polip, dan sinusitis, (6) asam urat dan rematik, (7) kanker dan tumor, (8) kolesterol, darah rendah, dan darah tinggi, (9) demam berdarah, malaria, dan tifus, serta meningkatkan vitalitas, stamina, dan imunitas, baik pria maupun wanita.

Kini, Madu Bima 99 telah bisa Anda dapatkan di apotek, toko obat, dan outlet-outlet lainnya di kota Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi @madubima99 dan www.facebook.com/Madu Bima 99.

Post Author: Bella Nugraha