Tips Cepat dan Tepat Meningkatkan Kecerdasan Anak.

sumber : sehatq.com

Setiap orang tua memimpikan untuk memiliki anak yang pintar dan cerdas, karena anak cerdas dipercaya mampu meningkatkan rasa bangga. Maka, tidak jarang para orang tua mengupayakan segala cara untuk memiliki anak yang cerdas, diantaranya dengan meningkatkan kecerdasan anak.

Salah satu jenis kecerdasan anak ialah kecerdasan intelektual. Kecerdasan intelektual (IQ) merupakan kecerdasan yang mencakup sejumlah kemampuan anak diantaranya kemampuan menalar, memecahkan masalah, merencanakan, menggunakan bahasa, ataupun kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan kognitif yang dimiliki setiap anak maupun individu lainnya.

Untuk meningkatkan kecerdasan anak perlu diterapkan dan dilakukan secara rutin, agar proses peningkatan kecerdasan berjalan dengan optimal dan memiliki hasil yang baik. Bagaimana tips nya? Simak rangkumannya pada berikut ini.

 

  1. Memberikan perhatian dan kasih sayang dalam batas normal.

    sumber : kumparan.com

Pentingnya memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mendukung proses meningkatkan kecerdasan anak. Pola asuh yang tepat dapat memberikan peningkatan kecerdasan secara optimal, selain itu dapat membangun ikatan emosional yang baik antara anak dan orang tuanya.

Cara dan perilaku orang tua terhadap anak juga wajib diperhatikan, karena cara dan perilaku orang tua terhadap anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan IQ. Sebuah riset penelitian telah membuktikan bahwa jika anak mendapatkan perlakuan yang buruk misalnya dimarahi atau mendapat perlakuan kasar itu dapat menyebabkan penurunan perkembangan IQ anak.

Maka dari itu, sangat dianjurkan sekali bagi orang tua untuk memberikan kasih sayang dan perhatian yang baik dan normal terhadap anak sejak lahir. Selain memberikan rasa aman, hal itu dapat membantu proses perkembangan anak.

  1. Membangun interaksi yang baik dengan anak.

    sumber : aura.tabloidbintang.com

Ikatan antara orang tua dan anak merupakan kunci utama untuk meningkatkan kecerdasan anak. Salah satu cara untuk membangun interaksi dengan anak yang baik adalah dengan mendengarkan anak saat ia bercerita. Hal tersebut sangat berguna sekali untuk memberikan dorongan dan kesempatan pada anak untuk berani dan mengekspresikan dirinya.

 

  1. Memberikan pujian pada proses belajar anak. 

    sumber : nakita.grid.id

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak ialah dengan cara memberikan pujian kepada proses belajar anak. Dengan begitu, anak akan lebih termotivasi, gigih dan juga percaya diri untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapinya. Maka dari itu, tidak hanya nilai daja yang diperhatikan. Namun juga orang tua harus memperhatikan cara, usaha dan proses belajar anak.

  1. Membaca buku cerita bersama anak.

    sumber : harnas.co

Hal sederhana ainnya yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan membaca buku cerita bersama. Mengapa demikian? Karena dengan membaca buku cerita bersama sangat berguna untuk memberikan ikatan emosional antara anak dan orang tua. Selain itu, dapat mendorong sang anak lebih aktif berbicara, mempelajari lebih banyak kosa kata dan juga merangsang daya imajinasi serta kreativitas anak yang menjadi salah satu faktor meningkatkan kecerdasan anak.

 

  1. Berikan waktu istirahat anak dengan baik.

    sumber : cnnindonesia.com

Momen yang paling tepat dalam tumbuh dan kembang manusia terdapat pada usia anak – anak. Karena pada usia anak – anak, pertumbuhan struktur dan tubuh akan lebih kompleks. Maka dari itu, meski bermain merupakan hal yang paling disenangi anak – anak. Akan tetapi, membatasi waktu bermain anak dengan istirahat pun sangat diperlukan untuk jam tidur siang. Karena, dengan tidur siang yang cukup akan mempengaruhi kinerja otak pada anak. Biasakan untuk selalu tidur siang setiap 1 jam pada anak.

 

  1. Berikan pelukan pada anak.

    sumber : sukabumiupdate.com

Memberikan pelukan kepada anak merupakan salah satu bentuk ekspresi kasih sayang yang diberikan orang tua kepada anaknya. Berdasarkan para ahli tumbuh kembang anak, salah satu cara yang baik dalam meningkatkan kemampuan emosional, fisik dan tingkat intelektualnya adalah dengan menggendong serta memberikan pelukan kepada anak.

  1. Memberikan permainan yang tepat untuk merangsang otak Anak.

    sumber : harnas.co

Permainan juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak. Karena hal tersebut dapat menjadikan momen yang tepat sebagai acuan. Beberapa permainan yang dapat merangsang akal dan pikiran anak ialah puzzle, membangun blok, strategi, dan lainnya.

Kecerdasan intelektual dapat dibangun secara optimal jika permainan tersebut dilakukan sejak dini, karena akan membantu anak untuk berfikir secara logis dan sistematis serta otaknya akan terbiasa dan kecerdasan intelektualnya akan mudah dibangun.

 

  1. Menjaga nutrisi dan konsumsi makanan bergizi.

    sumber : lifestyle.sindonews.com

Peran makanan pun tidak kalah penting untuk membantu proses meningkatkan kecerdasan pada IQ anak. Karena pada usia anak – anak merupakan usia yang penting untuk mengonsumsi beberapa makanan dan asupan yang bergizi serta seimbang yang dapat membantu proses anak dalam belajar.

Beberapa asupan yang dapat dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak ialah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Karena, protein memiliki fungsi untuk memproduksi neurotransmitter otak yang dapat meningkatkan level norepinefin dan juga dopamine. Selain protein, makanan yang mengandung antioksidan, flavonoid, magnesium, serta vitamin juga cocok untuk mendukung kecerdasan anak dan juga melindungi serta melawan dari berbagai penyakit.

Salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak dan dapat ditemukan dimana – mana ialah Madu Bima 99. Varian Madu Kecerdasan Otak Anak

Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak tidak hanya nutrisi alami yang baik untuk perkembangan otak anak, tetapi juga untuk meningkatkan kebugaran fisik, pencegahan dan pengendalian penyakit otak.  Untuk bayi dan balita, Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak bermanfaat antara lain untuk perkembangan tubuh. Selain bisa melancarkan pencernaan, menghindari kejang (kolik) pada bayi, mengatasi kebiasaan mengompol, tidur tak nyenyak, batuk, gangguan pernafasan, menyuburkan rambut, sembelit dan lainnya. “Madu Bima 99 Kecerdasan Otak Anak”

Tak kalah penting, Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Aneka zat yang terdapat dalam Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak berkhasiat bagi perkembangan kecerdasan otak anak, terutama zat gulanya yang sangat dibutuhkan otak untuk melaksanakan fungsinya secara optimal. Itu sebab, sejak anak masih di kandungan pun, madu bima 99 sangat baik diberikan, tentu melalui sang ibu. Pada dasarnya, madu bima 99 sebagai food suplement yang berasal dari alam, khasiatnya bermacam-macam, termasuk untuk kecerdasan atau perkembangan otak anak. Asalkan tidak ada penyakit. “Madu Bima 99 Kecerdasan Otak Anak”

Adapun normalnya pemberian Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak sebagai food suplement untuk bayi maupun anak, baiknya sehari 3 kali satu sendok teh tiap pagi, siang, dan sore. Jadi, sama halnya dengan minum obat. Namun bisa juga sehari 2 kali, pagi dan siang, antara 1-2 sendok teh. “Madu Bima 99 Kecerdasan Otak Anak”

Manfaat Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak:

  • Meningkatkan IQ anak
  • Membantu perkembangan sel otak anak
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
  • Meningkatkan kemampuan berpikir
  • Menjaga fungsi otak secara intens
  • Menambah nafsu makan anak.

Untuk mendapatkan informasi lanjut mengenai produk Madu Bima 99 Madu Kecerdasan Otak Anak dapat ditemukan Disini.

Nah beberapa tips diatas merupakan cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kecerdasan intelektual pada anak. Namun IQ tidak menjadi satu – satunya penentu kecerdasan anak. Selain IQ, anak juga disarankan untuk mengembangkan kecerdasan emosional (EQ) yang mencakup pemahaman, pengendalian, evaluasi, dan juga sosialisasi.

Post Author: Filda Fajriati