Tips Pola Makan Sehat di Era New Normal

sumber foto : klikdokter.com

Di era New Normal saat ini, untuk menjaga kesehatan tubuh merupakan sebuah kepentingan yang harus dijalani agar terhindar dari penyakit dan penularan virus corona. Untuk memiliki tubuh yang sehat dalam menghadapi new normal saat ini diantaranya adalah melakukan olahraga rutin, menjaga kebugaran dan juga pola makan sehat. Pada masa karantina selama pandemi covid-19 banyak sekali orang yang mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Pola makan sehat yang sangat diperhatikan, hal ini dikarenakan dengan mengatur pola makan sehat yang baik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu dokter spesialis gizi di Indonesia yaitu dr. Diana Felecia Suganda, M. Kes, Sp. GK menjelaskan bahwa asupan nutrisi yang sesuai bisa didapatkan dengan melakukan pola makan gizi seimbang yakni memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam tubuh dalam jumlah besar yaitu terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Sedangkan mikronutrien ialah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah lebih sedikit ialah mineral dan vitamin.

Beberapa banyak negara yang sudah mulai melonggarkan pembatasan sosial termasuk Indonesia, maka sangat penting untuk melakukan diet maupun pola makan sehat secara rutin. Dilansir dari laman NDTV Food, ada empat cara paling mudah dan sederhana agar kebiasaan pola makan sehat bisa diterapkan secara konsisten.

  1. Tetap Sederhana

Salah satu kegiatan sederhana yang dapat dilakukan oleh Anda adalah dengan melakukan eksperimen dari resep – resep makanan sehat yang baru, inovatif dan belum pernah Anda coba sebelumnya. Di era New Normal ini, untuk memperhatikan makanan sangat penting sekali, meski mulai beraktivitas diluar rumah lebih baik membawa bekal sendiri, karena dengan membeli makan dilura, kita belum bisa menjamin kehygienisan dari makanan tersebut. Membawa bekal dari makanan hasil eksperimen resep yang sudah dibuat di rumah.

  1. Praktikan Puasa Berjeda

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak sekali yang menjual berbagai macam makanan yang tersedia mungkin disekitar tempat kerja, maupun di sekitar rumah kita. bagi yang tidak sempat untuk membuat bekal dari rumah, biasanya akan membeli makanan dari luar. Untuk itu, kita harus paham agar makan secukupnya saja. Namun, di era New Normal saat ini bisa menjadi suatu ide yang baik untuk membatasi makanan yang dikonsumsi agar tidak berlebihan yaitu dengan melakukan puasa berjeda yang dapat dikonsultasikan dengan ahli gizi. Ataupun bagi anda yang muslim bisa melakukan puasa sunnah yang rutin anda lakukan sebelumnya, misalnya puasa senin – kamis atau puasa daud.

  1. Berkreasilah Dengan Sisa Makanan

Ada beberapa aktifitas yang dapat menjamin bisa menghemat waktu dan juga pola makan sehat tetap terjaga yaitu dengan melakukan kreasi hidangan baru dengan mengadopsi sebuah gagasan ialah memasak dalam jumlah banyak untuk nanti dihangatkan.

  1. Mengatur Waktu Makan

Pola makan yang sehat pun harus diiringi dengan jadwal makan yang rutin dan teratur, jadwal makan terdiri dari tiga waktu yaitu pada pagi hari, siang hari serta malam hari, dan juga selingan makanan camilan sehat diantara waktu makan yang sudah ditetapkan. Jam sarapan yang tepat dilakukan pada pukul 07.00 – 08.00, makan siang 12.00 – 13.00 dan makam malam pukul 18.00 – 19.00.

Lalu untuk waktu makan selingan camilan sehat dapat dilakukan pukul 09.00 – 10.00 dan 15.00 – 16.00. camilan sehat ini harus mengandung gizi yang padat serta tinggi serat.

5 Kunci Keamanan Pangan

Direktur Southeast Asia Food and Agricultural Science and TechnologyCenter (SEAFAST), Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan, Msi. Mengatakan di kelas jurnalis online food safety bahwa ada lima kunci keamanan pangan yang harus diterapkan sesuai standar WHO dan BPOM di Indonesia :

  1. Mencuci tangan dan peralatan masak sebelum mengoah makanan.
  2. Memisahkan peralatan masak seperti pisau dan talenan dengan wadah untuk pangan mentah maupun matang.
  3. Memasak dengan benar dan matang.
  4. Menyimpan makanan sesuai dengan suhu yang dianjurkan dan aman.
  5. Menggunakan air dan bahan makanan yang aman serta bebas dari cemaran fisik seperti kerikil dan steples, serta cemaran biologis, kimia, jangan lupa untuk menggunakan air jernih yang tidak berasa dan berbau.

Nah penjelasan diatas merupakan tips sehat untuk mengatur pola makan selama masa New Normal yang diulas dari beberapa sumber sebagai informasi bagi Anda yang akan menerapkan tips sehat ini, seperti yang dijelaskan ditas bahwa pemenuhan nutrisi bagi tubuh manusia yang salah satunya terdiri dari mikronutrien yaitu vitamin dan mineral, bagi anda yang sedang mencari vitamin untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi anda, anda bisa mengkonsumsi Madu Bima 99 untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah dari beberapa penyakit.

Madu Bima 99 merupakan madu hitam organik Madu Bima 99 memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, selain untuk mendetoks racun, Madu Bima 99 juga memiliki kegunaan untuk melawan berbagai macam penyakit, berikut beberapa detail manfaat yang dapat dirasakan pada saat mengonsumsi Madu Bima 99 :

  1. Membantu Menormalkan gula darah bagi penderita diabetes
  2. Membantu menangani gangguan fungsi seksual pada pria ( lemah syahwat )
  3. Membantu Meningkatkan stamina dan imunitas tubuh
  4. Membantu Mengatasi gangguan pada lambung ( maag ) kronis
  5. Membantu proses perawatan reumatik dan asam urat
  6. Membantu proses perawatan asthma, polip dan sinusitis
  7. Melancarkan peredaran darah
  8. Membantu Memperbaiki kerja ginjal dan jantung
  9. Menetralisir racun makanan yang bersarang di dalam tubuh
  10. Membantu proses penyembuhan luka bakar dan penyakit kulit seperti panu, kurap dan eksim
  11. Membantu penyembuhan darah rendah dan darah tinggi
  12. Membantu Memulihkan otot yang sudah lama tidak berfungsi atau otot yang lelah seperti keseleo, rematik dan asam urat
  13. Membantu mengobati batuk, pilek dan radang tenggorokan
  14. Membantu mengobati tumor dan kanker
  15. Membantu diet ( mengurangi nafsu makan )
  16. Membantu proses perawatan penyakit liver/hepatitis

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dan bagaimana cara pesannya bisa hubungi kontak dibawah ini.

 

Post Author: Filda Fajriati